Rabu, 06 Oktober 2010

JARINGAN KOMPUTER

Network Layer
Adalah Lapisan network, berfungsi untuk penyampaian bit di antara dua lapisan untuk data jaringan.      
Fungsi utama dari network layer adalah logical addressing dan routing. Logical addressing atau biasa disebut IP adalah pengalamatan pada tingkat network dimana alamat ini dapat dirubah-rubah tidak seperti pada alamat fisik pada data link layer.Jadi pada saat kita memindahkan NIC , nomor dari IP bisa kita rubah akan tetapi nomor MAC tidak bisa kita rubah. Fungsi dari nomor IP hampir sama dengan nomor MAC, IP berfungsi sebagai alamat asal ,alamat tujuan, serta jalur mana saja yang akan dipakai. Penentuan jalur mana saja yang akan dipakai akan ditentukan oleh fungsi routing Routing merupakan sebiauh fungsi yang bertanggung jawab untuk mengirimkan packet data dari alamat asal ke alamat tujuan serta jalan mana yang terbaik yang akan ditempuh.
 
Router memiliki kemampuan melewatkan paket IP dari satu jaringan ke jaringan lain yang mungkin memiliki banyak jalur diantara keduanya. Router-router yang saling terhubung dalam jaringan internet turut serta dalam sebuah algoritma routing terdistribusi untuk menentukan jalur terbaik yang dilalui paket IP dari system ke system lain. Proses routing dilakukan secara hop by hop. IP tidak megnetahui jalur keseluruhan menuju tujuan setiap paket. IP routing hanya menyediakan IP address dari router berikutnya yang menurutnya lebih dekat ke host tujuan. Router dapat digunakan untuk menghubungkan sejumlah LAN sehingga trafik yang dibangkitkan oleh suatu LAN terisolasikan dengan baik dari trafik yang dibangkitkan oleh LAN yang lain. Jika dua atau lebih LAN terhubung dengan router, setiap LAN dianggap sebagai subnetwork yang berbeda. Merip dengan bridge, router dapat dihubungkan network interface yang berbeda. Router terletak pada Layer 3 dalam OSI, router hanya perlu mengetahui Net-Id (nomor jaringan) dari data yang diterimanya untuk diteruskan ke jaringan yang dituju. Cara kerjanya setiap paket data yang datang, paket data tersebut dibuka lalu dibaca header paket datanya kemudian mencocokan atau membandingkan ke dalam table yang ada pada routing jaringan dan diteruskan ke jaringan yang dituju melalui suatu interface. Untuk mengetahui network mana yang akan dilewatkan router akan menambahkan (Logical AND) Subnet Mask dengan paket data tersebut.
 
Algortima routing untuk host Proses routing yang dilakukan oleh host cukup sederhana. Jika host tujuan terletak di jaringan yang sama atau terhubung langsung. IP datagram dikirim langsung ke tujuan. Jika tidak, IP datagram dikirim ke default router. Router ini yang akan mengatur pengiriman IP selanjutnya, hingga sampai ke tujuannya. Dalam suatu table routing terdapat :1) IP address tujuan, 2) IP address next hop router (gateway), 3) Flag, yang menyatakan jenis routing, 3) Spesifikasi network interface tempat datagram dilewatkan. Dalam proses meneruskan paket ke tujuan, IP router akan melakukan hal-hal berikut; 

1. Mencari di table routing, entry yang cocok dengan IP address tujuam. Jika ditemukan, paket akan dikirim ke next hop router atau interface yang terhubungl angsung dengannya.
2. Mencari di table routing, entry yang cocok dengan alamat network dari network
tujuan. Jika ditemukan, paket dikirm ke next hop router tersebut.
3. Mencari di table routing, entry data yang bertanda default, jika ditemukan, paket
dikirim ke router tersebut.
Protokol IP (Internet Protocol)
- Fungsi penting IP: Menentukan jalur yang ditempuh antara pengirim dan penerima. Switching : memindahkan paket dari input router ke output router yang sesuai Call Setup : beberapa arsitektur jaringan membutuhkan setup koneksi dahulu.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar