Rabu, 06 Oktober 2010

JARINGAN MULTIMEDIA

Media Server
Media server. digunakan untuk mendistribusikan on-demand atau webcast suatu konten ke klien. Juga bertanggung jawab untuk mencatat semua aktivitas streaming, yang nantinya digunakan untuk billing dan statistik. Player, dibutuhkan untuk menampilkan atau mempresentasikan konten multimedia (data stream) yang diterima dari media server. File-file khusus yang disebut metafile digunakan untuk mengaktifkan player dari halaman web. Metafile berisi keterangan dari konten multimedia. Browser web menunduh dan meneruskan ke player yang tepat untuk mempresentasikannya. Selain itu, juga berfungsi untuk melakukan dekompresi.

Multimedia streaming
Streaming multimedia adalah suatu teknologi yang mampu mengirimkan file audio dan video digital secara real time pada jaringan komputer
oStreaming dapat dilakukan pada bandwith dengan kecepatan rendah
oWeb master tidak perlu risau dengan bandwith
oWeb master tidak dibatasi oleh besar file
oHanya dapat dilihat pada saat online
oKualitas gambar jelek
 
a). Media Streaming
•Streaming media merupakan suatu sistem yang terdiri dari komponen¬komponen yang saling mendukung. Sebuah teknlogi yang memungkinkan distribusi data audio, video dan multimedia secara real-time melalui Internet.
•Media streaming merupakan pengiriman media digital (berupa video, suara dan data) agar bisa diterima secara terus-menerus (stream). Data tersebut dikirim dari sebuah server aplikasi dan diterima serta ditampilkan secara real-time oleh aplikasi pada komputer klien Streaming suara sering juga disebut sebagai streaming media.
Teknologi ini merupakan pengembangan dari teknologi MPEG (Moving Picture Experts Group) yang diakui oleh ISO (International Standard Organization). Teknik kompresi suara menggunakan istilah coding dan decoding. Proses coding dilakukan pada sisi server (coder) sedangkan proses decoding dilakukan oleh klien (decoder). Proses coding dilakukan server untuk mengkompresi data sebelum dikirimkan ke klien melalui Internet, dan decoding dilakukan oleh klien untuk ditampilkan data tanpa
kompresi. Proses kompresi dan dekompresi oleh coder dan decoder ini sering disingkat menjadi codec. Proses codec bisa dilakukan menggunakan algoritma standar MPEG.
b).Format Streaming
Ada tiga jenis format streaming yang banyak digunakan dalam situs-situs Internet:
•Format Real Media (.rm/.ra/.ram)
•Windows Media (.asf/.wmf/.asx)
•QuickTime (.mov).
c). Komponen-komponen Dalam Streaming Media
•Media source, yaitu sumber yang akan menampilkan suatu konten presentasi.
•Media source dapat berupa sumber yang sifatnya live, seperti kamera video atau microphone.
 
Kendala-kendala yang dapat terjadi dalam melakukan streaming multimedia
Bandwidth : Bandwidth sangat berpengaruh terhadap kualitas presentasi
suatu data stream. Di samping kondisi jaringan juga mempengaruhi bandwidth, hal yang perlu diperhatikan adalah ukuran data stream harus sesuai dengan kapasitas bandwidth jaringan. Untuk mengatasinya digunakan kompresi data dan penggunaan buffer.
Sinkronisasi dan delay : Agar media yang berbeda sampai dan dipresentasikan pada user seperti aslinya, maka media tersebut harus tersinkronisasikan sesuai dengan timeline presentasi tersebut dan delay seminimal mungkin. Adanya kerugian sinkronisasi dan delay dapat disebabkan oleh kondisi jaringan yang buruk, sehingga mengakibatkan timeline presentasi menjadi kacau
Karakteristik Multimedia Data
•Voluminous, Membutuhkan data rate tinggi dan berukuran besar
•Real-time and Interactive, Membutuhkan low delay dan Membutuhkan sinkronisasi dan interaktif
 

Broatcasting
Broadcasting merupakan proses pengiriman sinyal ke berbagai lokasi secara bersamaan baik melalui satelit, radio, televisi, komunikasi data pada jaringan dan lain sebagainya. Layanan server ke client yang menyebarkan data kepada beberapa client sekaligus dengan cara paralel dengan akses yang cukup cepat dari sumber video atau audio. SDE Broadcasting merupakan workshop tempat perakitan & penyedia segala peralatan untuk keperluan Broadcast & Studio baik lokal maupun import. Kami juga menyediakan jasa konsultasi untuk mendirikan sebuah Station Pemancar Radio, Jasa Service & Maintenance, Komputer Studio Automation, SMS Engine, Studio Transmitter Link (STL), Telp-Hybrid, Headphone Distribution, Software Automation, Antenna Circulair, Antenna Link, Coaxial-Cable, Connector, Grounding System, etc.
Jaringan Broadcaster
•TV Internet
•Radio Internet
•Knowledge Management
•Community Radio
•Radio Swasta
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar